Trading dengan Candlestick (Bagian Dua)

Trading dengan Candlestick (Bagian Dua)

Kemarin saya berbicara tentang 2 pola candlestick, Three Line Strike dan Two Black Gapping. Apakah Anda sudah coba mencari pola yang mirip kedua pola ini di chart candlestick? Anda mungkin butuh waktu untuk terbiasa, tetapi semakin Anda berlatih semakin mudah Anda bisa mengenali pola-pola ini, dan semua pola ini punya tingkat keakuratan 80% dalam berbaliknya tren dan berlanjutnya tren. Anda harus coba dan latihan!

Di artikel hari ini, saya akan memperkenalkan 2 pola candlestick lain. Kedua pola ini memiliki urutan candlestick yang khas dan mudah dikenali.

Sekali lagi, pola candlestick yang saya perkenalkan ini semuanya adalah hasil analisa Thomas Bulkowski, di mana semua analisa beliau terbukti memiliki tingkat keakuratan tinggi.

Mari kita lihat pola pertama kita hari ini.

Evening Star

Nama pola ini sangat jelas, di mana memang pola ini kelihatan seperti bintang di sore hari. Evening star adalah pola berbalik, artinya tren mungkin akan berbalik pada titik ini. Pola ini mulai dengan candlestick bull yang tinggi, kenaikan secara tiba-tiba yang menaikkan uptrend saat itu ke high yang baru (Harga Tertinggi). Namun, gap (jarak) di antara market muncul di bar selanjutnya, artinya opening candlestick bearish lebih tinggi dari closing stik bull sebelumnya, ditambah juga candlestick bearish adalah candlestick dengan kisaran sempit, artinya candlestick bearish ini pendek dan kecil.

Sekarang Anda melihat ada gap (jarak) antara candlestick kedua dan ketiga, artinya opening candlestick ketiga sekarang lebih rendah dari closing candlestick kedua. Gap (jarak) antara candlestick kedua dan ketiga melengkapi pola Evening Star ini, pola yang memprediksi penurunan dari uptrend yang berlanjut akan berlanjut, dan mungkin memicu downtrend.

Evening Star adalah pola bearish berbalik, artinya pola ini mungkin merupakan pemicu uptrend berbalik jadi downtrend.

Abandoned Baby

Namanya seram ya, Abandoned Baby. Tetapi yang diindikasikan oleh pola ini mungkin adalah berita bagus bagi sebagian trader. Ini adalah pola bullish berbalik, artinya ini mungkin merupakan pemicu downtrend berbalik jadi uptrend.

Kita bisa lihat di gambar di atas ada beberapa candlestick bearish yang terus memunculkan low terbaru dari downtrend saat itu. Lagi-lagi, ada gap (jarak) market yang muncul di antara candlestick doji dan candlestick bearish yang terakhir, artinya closing candlestick bearish tidak berhubungan dengan candlestick doji.

Apa itu candlestick doji? Candlestick doji adalah candlestick transisi, candlestick yang open dan close di harga yang sama, artinya tidak pasti antara bull dan bear, dan biasanya merupakan tanda berbaliknya tren.

Baik, kembali ke topik. Setelah candlestick doji, gap (jarak) di candlestick ketiga melengkapi pola ini, di mana opening candlestick ketiga lebih tinggi dari candlestick doji dan membentuk gap (jarak). Pola ini memprediksi terpicunya uptrend.

Baik, sekian penjelasan candlestick untuk hari ini. Jika Anda punya pertanyaan tentang pola yang saya telah saya coba jelaskan selama 2 hari ini, silakan bertanya. Saya selalu senang menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *